Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Soal Online Dengan Google Formulir

Membuat soal merupakan pekerjaan rutin yang dilakukan oleh tenaga pengajar, baik itu seorang guru, trainer, pelatih dan lain sebagainya untuk mengetahui tingkat kemampuan anak didiknya. Proses pembuatan dan pengerjaan soal oleh anak didik tersebut dapat dilakukan dengan 2 cara, yakni secara manual maupun online.

Secara manual pengerjaan soal adalah dengan mengerjakan pada selembar kertas ulangan. Dan jika dilakukan secara Online maka hal tersebut dilakukan melalui media internet. Pembuatan dan pengerjaan soalnya pun harus dilakukan menggunakan jaringan internet.

Untuk membuat soal online dengan mudah dan cepat, ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan. Salah satunya adalah Google Formulir.

tampilan menuju google formulir
 Google Formulir merupakan aplikasi pembuatan berbagai formulir (soal, angket, dll). Sebelum menggunakan Google Formulir pengguna terlebih dahulu harus memiliki akun google. Pembuatan akun google pun sangat mudah, seperti pembuatan email pada umumnya.

Berikut ini langkah-langkah pembuatan soal dengan Google Formulir.

1. Bukalah google Drive anda, gambar sebagai berikut,

2. Kemudian setelah masuk pada google drive, pilihlah Drive saya, kemudian File Baru, kemudian Google Formulir. seperti gambar berikut.
3. Maka akan muncul google formulir dengan tampilan sebagai berikut:


Untuk mulai membuat soal dapat menempuh cara berikut ini.

1. Tulislah judul Soal yang hendak dibuat pada bagian judul soal (ganti kata-kata "formulir tanpa judul") contoh: Soal Online Administrasi Perkantoran. Bagian judul ini nantinya akan menjadi Judul dari soal yang akan kita buat. 

Jangan lupa untuk menuliskan deskripsi soal tersebut. Untuk menulis deskripsi formulir Anda tinggal mengganti kata-kata "Deskripsi Formulir" sesuai deskripsi soal Anda.



Selanjutnya kita dapat memberikan kolom Nama Siswa, No. Ujian, sebagai alamat pengenal bagi siswa yang mengikuti ujian tersebut.

2. Untuk membuat Nama Siswa, dan No. Ujian. dapat dilakukan dengan cara berikut:

judul pertanyaan : pada bagian ini diisi dengan (Nama)
Teks Bantuan : diisi dengan detail pertanyaan (Tulis nama dengan lengkap)
Jenis pertanyaan: Teks
Jangan lupa untuk menceklis pertanyaan wajib.
Kemudian tekan selesai.

3. Selain kolom nama siswa, pastikan berikan juga kolom No. Ujian untuk siswa tersebut. Caranya sama dengan diatas. Anda tinggal memilih tambahkan item kemudian buatlah No. Ujian seperti membuat Nama siswa diatas.

Seperti ini jika Nama dan No. Ujian siswa telah selesai dibuat.



4. Selanjutnya kita mulai membuat isi soal online. Pada bagian ini kita akan mencoba membuat soal dengan jenis pilihan berganda dan essay.

Untuk soal pilihan berganda cara pengerjaanya sama seperti pembuatan kolom Nama: yang berbeda hanya pada Jenis Pertanyaan. Pada jenis pertanyaan kita menggunakan pertanyaan Pilihan Berganda, perlu diingat pada isian ini tidak perlu lagi menceklish pertanyaan wajib.

Lihat gambar dibawah ini:


Sedangkan untuk soal essay, cara pengerjaanya juga sama, yang menjadi perbedaan adalah Jenis Pertanyaan yang dipilih pada bagian adalah Teks Paragraf.

Lihat gambar berikut:

Sampai tahap ini, kita telah berhasil membuat soal online, untuk melihat apakah soal yang kita buat tadi sudah benar, silahkan pilih menu lihat bentuk jadi seperti dibawah ini:

Jika ingin memberikan format gambar yang lebih menarik, Anda dapat memilih menu Ubah tema. Lalu pilihlah tema yang Anda senangi.

Maka selesailah soal Online dengan google formulir yang Anda kerjakan.

Selanjutnya: Memasukkan Kuis Online Pada Blog

Seperti inilah contoh soal online dari panduan diatas:



Google formulir belum dapat menjawab soal yang benar dan belum dapat memberikan limit waktu pada penggunanya, dan berbagai kekurangan lainnya hal ini dikarenakan google formulir difokuskan untuk memberikan formulir/angket saja.

Sedangkan jika ingin membuat soal online yang lebih powerfull, saran saya lebih baik menggunakan ClassMarker. Seperti contoh yang telah saya buat berikut ini.

Contoh Soal Menggunakan ClassMarker

4 komentar untuk "Membuat Soal Online Dengan Google Formulir"

  1. terima kasih postingannya sangat membantu, saya pernah buat tapi lupa heeee..... sekarang jadi bisa lagi

    BalasHapus
  2. Bisa dikembangkan untuk membuat kuiss pilihan ganda yang dapat dilihat nilai/poin akhirnya. Coba dieksplore.

    BalasHapus