Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menyiasati Sulitnya Tembus di SNM PTN (5)


SURABAYA - Salah seorang panitia lokal SNM PTN 2015, Ismaini Zain mengatakan bahwa penerimaan mahasiswa memang juga melihat status sekolah.

”Ada tidak pada tahun lalu siswa yang diterima, terus melepasnya. Jika diambil, statusnya mungkin aman. Tapi, jika tidak diambil atau dilepas tanpa pemberitahuan ke universitas bersangkutan, kemungkinan besar tidak aman karena mungkin universitas tersebut akan memberikan sanksi blacklist setahun kepada sekolah tempatmu belajar,” kata Ismaini seperti yang dilansir Radar Surabaya (Grup JPNN.com).

Yang juga harus menjadi pertimbangan adalah basis kelas reguler tiga tahun atau kelas akselerasi dua tahun. ”Kemungkinan PTN ternama akan mempertimbangkan hal itu,” ujarnya.

Tidak bermaksud mengucilkan sekolah swasta, berdasar data, sekolah negeri dan ternama mendapatkan tempat atau kuota yang lebih daripada sekolah swasta.

”Tapi, (sekolah swasta) tidak boleh pesimistis dengan hal ini. Sebab, banyak juga peserta dari swasta yang lolos SNM PTN,” tandasnya.

Ismaini menuturkan, banyak siswa tidak diterima di PTN karena tidak melihat secara resmi syarat di PTN yang dituju. Banyak siswa hanya sibuk melihat website SNM PTN, padahal tidak semua data tentang PTN ada di dalamnya.

”Siswa harus cari sendiri. SNM PTN ini kan juga mengajari anak-anak mandiri,” ucapnya.

Menurut Ismaini, banyak siswa tidak diterima di jalur SNM PTN karena sering mengambil jurusan dan universitas yang terlalu tinggi daya saingnya.

”Bermimpi dan berangan-angan boleh, tapi dengan batasan. Jangan sampai mengikuti hawa nafsu untuk memilih perguruan tinggi dan prodi yang tinggi, padahal nilai dan kemampuannya tidak mencukupi. Ini akan berakibat buruk bagi siswa sendiri,” paparnya.

Karena itu, sebelum menentukan pilihan prodi atau jurusan, sebaiknya para siswa tetap berkonsultasi dengan semua pihak. Baik orang tua, guru, alumnus, maupun orang yang tahu tentang jurusan dan prodi yang dituju. (han/jay/awa/jpnn)

sumber. jpnn.com

Posting Komentar untuk "Menyiasati Sulitnya Tembus di SNM PTN (5)"