Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembuatan Daftar Urut Kepangkatan (DUK)

daftar urut kepangkatan
ilustrasi https://freelancedesainer.wordpress.com 

Daftar Urut Kepangkatan adalah suatu daftar yang memuat nama Pegawai Negeri Sipil dari suatu satuan
organisasi Negara yang disusun menurut tingkatan kepangkatan. Daftar  Urut  Kepangkatan  dapat berfungsi sebagai salah  satu  bahan  obyektif  untuk melaksanakan  pembinaan  karier Pegawai  Negeri  Sipil berdasarkan  sistem karier  dan  sistem  prestasi  kerja,  oleh  karena  itu  Daftar Urut  Kepangkatan perlu dibuat dan dipelihara secara terus-menerus.

Apabila  ada  lowongan,  maka  Pegawai  Negeri  Sipil  yang  menduduki Daftar  Urut  Kepangkatan  yang lebih  tinggi,  wajib  dipertimbangkan  lebih dahulu  untuk  mengisi  lowongan  tersebut.  Tetapi  apabila  ia tidak  mungkin diangkat untuk mengisilowongan itukarena tidak memenuhi syarat-syarat lainnya,  seperti syarat-syarat  kecakapan,  kepemimpinan,  pengalaman,  dan lain-lain,  maka  haruslah  diberitahukan kepadanya,  sehingga  ia  dapat berusaha untuk mengisi kekurangannya itu untuk masa mendatang.

Pembuatan Daftar Urut Kepangkatan

  • Menteri,  Jaksa  Agung,  Pimpinan  Kesekretariatan  Lembaga Tertinggi/Tinggi  Negara,  Pimpinan   Lembaga  Pemerintah  Non Departemen,  Gubernur  Kepala  Daerah  Tingkat  I, Bupati/Walikotamadya Kepala  Daerah  Tingkat  II,  dan  pejabat  lain  yang  ditetentukan  oleh Presiden,  membuat  dan  memelihara  Daftar  Urut  Kepangkatan  dalam lingkungannya  masing-masing.
  • Setiap  Kepala/Pimpinan  satuan  organisasi  Negara  serendah rendahnya  pejabat  yang  memangku jabatan  eselon  V  atau  jabatan  lain yang  dipersamakan  dengan  itu,  harus  membuat  Daftar  Urut Kepangkatan dalam  lingkungannya  masing-masing,  sesuai  dengan  ketentuan  yang ditetapkan oleh pimpinan instansi yang bersangkutan.
  • Yang  dimasukkan  dalam  Daftar  Urut  Kepangkatan  hanya  Pegawai  Negeri Sipil saja, tidak termasuk calon Pegawai Negeri Sipil.
  • Dengan  memperhatikan  jumlah  pegawai  yang  dikelola  dan  untuk kepentingan  pembinaan  karier, pembuatan  Daftar  Urut  Kepangkatan  dapat diatur sebagai berikut: (1)  Pada  tingkat Departemen,  Kejaksaan  Agung,  dan  Pemerintah  Daerah Tingkat  I  disusun  Daftar  Urut Kepangkatan  mulai  golongan  ruang IV/e sampai dengan golongan ruang IV/a.  (2)  Pada tingak  Kesekretariatan  Lembaga  Tertinggi/Tinggi  Negara, Lembaga  Pemerintah  Non Departemen,  Sekretariat  Jenderal, Inspektorat  Jenderal,  Direktorat  Jenderal,  Badan, universitas/Institut Negeri,  Pemerintah  Daerah  Tingkat  II,  dan  instansi  lain yang ditentukan  oleh  Presiden  serta  instansi  lain  yang  setingkat  dengan  itu disusun Daftar  Urut  Kepangkatan  mulai  dari  golongan  ruang  yang tertinggi sampai dengan golongan ruang III/a. (3)  Pada  tingkat  satuan  organisasi  lainna,  seperti  Direktorat,  Biro, Kantor Wilayah  Tingkat  Propinsi,  Dinas  Daerah,  dan  lain-lain  disusun  Daftar Urut Kepangkatan  mulai  golongan  ruang  yang  tertinggi  sampai dengan golongan ruang I/a.
  • Pembuatan  Daftar  Urut  Kepangkatan  Pegawai  Negeri  Sipil  di  lingkungan Departemen Pertahanan  Keamanan  diatur  tersendiri  oleh  Menteri Pertahanan Keamanan.
  • Ketentuan  lebih  lanjut  mengenai  pelaksanaan  hal-hal  sebagaimana dimaksud  dalam  huruf  b  dan  d  di  atas,  diatur  oleh  Menteri,  Jaksa  Agung, Pimpinan  Kesekretariatan  Lembaga Tertinggi/Tinggi  Negara,  Pimpinan Lembaga  Pemerintah  Non  Departemen,  Gubernur  Kepala Daerah  Tingkat I,  Bupati/Walikotamadya  Kepala  Daerah  Tingkat  ii,  dan  pejabat  lain  yang bersangkutan.
  • Daftar  Urut  Kepangkatan  segenap  Pegawai  Negeri  Sipil  ,  baik  Pegawai Negeri  Sipil  Pusat maupun  Pegawai  Negeri  Sipil  Daerah  golongan  ruang IV/e  sampai  dengan  golongan  ruang IV/a,  disusun  secara  Nasional  oleh Badan  Administrasi  Kepegawaian  Negara.  Untuk  ini,  maka masing-masing  Departemen,  Kejaksaan  Agung,  Kesekretariatan  Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara,  Lembaga  Pemerintah  Non  Departemen, Pemerintah  Daerah  Tingkat  I,  Pemerintah Daerah  tingkat  II,  dan  Instansi lain  yang  ditentukan  oleh  Presiden,  mengirimkan  kepada  Badan Administrasi Kepegawaian Negara  Daftar Urut  Kepangkatan dari Pegawai Negeri  Sipil  golongan ruang  IV/e  sampai  dengan  golongan  ruang  IV/a dalam  lingkungannya  masing-masing.
  • Daftar  Urut  Kepangkatan  dibuat  setiap  tahun,  yaitu  harus  sudah  selesai dibuat pada setiap akhir bulan Desember.
  • Untuk kepentingan penyusunan Daftar Urut Kepangkatan secara Nasional, maka  Daftar  Urut Kepangkatan  golongan  IV/e  sampai  dengan  golongan ruang  IV/a  dari  masing-masing Departemen,  Kejaksaan  Agung, Kesekretariatan  Lembaga  tertinggi/Tinggi  Negara,  Lembaga Pemerintah Non  Departemen,  Pemerintah  Daerah  Tingkat  I,  Pemerintah  Daerah Tingkat  II,  dan instansi  lain  yang  ditentukan  oleh  Presiden,  harus  sudah disampaikan  kepada  Kepala  Badan Administrasi  Kepegawaian  Negara selambat-lambatnya pada akhir bulan Maret. 

Pustaka:
UU RI No. 43 Tahun 1999
PP No. 15 Tahun 1979
Surat Edaran Kepala BAKN No. 03 1980

Posting Komentar untuk "Pembuatan Daftar Urut Kepangkatan (DUK)"