Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahapan Dalam Pembicaraan

Untuk melakukan suatu pembicaraan, komunikator hendaknya sedapaat mungkin membuat persiapan-persiapan, sehingga akan memperlancar penyampaian pembicaraan. Tahapan dalam menyampaikan pembicaraan adalah Persiapan, Penyajian, dan Penutupan.


Persiapan

Persiapan seorang komunikator dalam menyampaikan pembicaraan adalah sebagai berikut.

  1. Pengetahuan, komunikator harus mempersiapkan, memahami, dan menguasai materi pembicaraan secara mendalam, karena mungkin saja diantara para komunikan ada yang lebih menguasai materi yang akan disampaikan. Penguasaan materi akan membuat rasa percaya diri komunikator.
  2. Sistematika Penyajian, sistematika atau urutan penyajian harus diperhatikan agar penyampaian materi tidak menyimpan dari pokok pembicaraan atau sesuai dengan urutan.
  3. Alat Bantu, untuk menyampaikan materi, hendaknya komunikator mempersiapkan dan berlatih menggunakan alat bantu (alat peraga). Alat-alat bantu yang digunakan antara lain OHP, bagan, skema, gambar, model, alat tiruan dan sebagainya.
  4. Tempat, komunikator harus mempersiapkan tempat, terutama bagi komunikan pemula, agar lebih menguasai diri ketika tampil di depan komunikan.
  5. Waktu, komunikator harus mempersiapkan waktu berbicara secermat mungkin, agar pembicaraan tidak bertele-tele yang akan membuat pembicaraan menjadi tidak fokus. Waktu yang digunakan harus disesuaikan dengan ruang lingkup topik pembicaraan.
tahapan penyampaian pembicaraan

Penyajian

Dalam menyajikan materi kepada komunikan, perlu memperhatikan hal-hal berikut:
  1. Pendahuluan, hal-hal yang harus disampaikan pada pendahuluan adalah Motivasi, yang disampaikan untuk menarik perhatian pendengar, Tujuan, untuk memperjelas tujuan disampaikan materi. Ruang lingkup pembicaraan, untuk membatasi pembahasan materi pembicaraan.
  2. Isi, isi pembicaraan harus jelas, menarik dan terfokus.

Penutup

Komunikator yang baik harus mampu menutup pembicaraan dengan baik pula, dalam arti menutup tepat pada waktunya dan setelah materi disampaikan secara utuh. Untuk itu penutupan pembicaraan hendaknya memperhatikan hal-hal berikut:
  1. Menyampaikan ringkasan materi pembiccaraan dan menekankan kembali pentingnya pembicaraan tersebut.
  2. Memotivasi kembali komunikan
  3. Memberikan saran, ajakan, atau harapan kepada komunikan setelah kembali ke tempat masing-masing.
  4. Memberikan ucapan terima kasih kepada para komunikan disertai permohonan maaf jika ada kesalahan dan kata-kata yang menyinggung perasaan.
Artikel selanjutnya silahkan baca Estetika Dalam Berkomunikasi

Posting Komentar untuk "Tahapan Dalam Pembicaraan"