Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Perilaku Pelanggan di Perusahaan

Pelanggan yang bertindak dan melakukan suatu kegiatan memiliki keterkaitan erat dengan status sosial yang dimilikinya, sifat, watak maupun selera terhadap suatu produk. Mempelajari berbagai jenis perilaku pelanggan ini dapat membantu pegawai dalam memberikan pelayanan yang maksimal, atau sering disebut dengan pelayanan prima.

Para ahli telah meneliti perilaku pelanggan menurut bentuk tubuhnya, seperti yang disampaikan Ernest Kretschmer (1922).

A. Pelanggan Tipe Piknis
Pelanggan dengan tipe ini memiliki ciri sebagai berikut
- Bentuk tubuh/badan bulat dan agak pendek
- Muka/wajah bulat lebar
- Bersifat tenang, ramah, suka berbicara dan humoris.

Jika betemu dengan pelanggan seperti ini, maka cara penanganan yang benar adalah sebagai berikut:
- Petugas penjualan harus memperhatikan suasana hatinya.
- Layani pelanggan dengan bercakap-cakap jika pelanggan menginginkannya.
- Hindari perdebatan atau bersikap konfrontasi.

jenis perilaku pelanggan
sumber gambar: http://mediabisnisonline.com/kenali-jenis-jenis-pelanggan-anda/

B. Pelanggan Tipe Leptosom
Pelanggan tipe ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
- Bentuk tubuh agak kecil dan lemah
- Bahu tampak kecil dan anggota badan lainnya kurus panjang.
- Bersifat sombong, sok intelek, sok idealis.

Adapun cara menghadapi tipe leptosom adalah sebagai berikut:
- Menghormati pelanggan selayaknya seorang raja.
- Bersikap sabar, penuh perhatian, dan bijaksana
- Turuti apa yang diinginkannya.

C. Pelanggan Tipe Atletis
Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:
- Bentuk tubuh kokoh dan berotot
- Pundak lebar, pinggul berisi, dan anggota badan lainnya panjang
- Muka wajah berbentuk bulat lonjong.

Cara menghadapinya adalah sebagai berikut:
- Hindari berdebat kusir alias tidak bermanfaat.
- Berikan kesan seolah-olah pelanggan adalah orang yang cerdas.
- Tetap tenang dan jangan terburu-buru.
- Tetap sabar dalam melayaninya.

Selain tipe pelanggan berdasarkan bentuk tubuh diatas, perilaku pelanggan juga dapat dibedakan sebagai berikut:
- Pelanggan Angkuh
- Pelanggan yang curiga
- Pelanggan pembantah
- Pelanggan gugup
- Pelanggan yang banyak bicara
- Pelanggan pendiam
- Pelanggan ragu-ragu
- Pelanggan Pria, Wanita, Remaja dan Lanjut Usia

Kesemua pelanggan tersebut memiliki penanganan yang berbeda-beda. Namun pada umumnya pelanggan menginginkan pelayanan yang baik dan memuaskan. Oleh karena itu, pegawai di perusahaan hendaknya rajin mengamati perilaku pelanggan diperusahaan agar lebih mengetahui selera tiap pelanggan yang datang ke perusahaan tersebut.

Baca juga Konsep Dasar Pelayanan Prima

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Perilaku Pelanggan di Perusahaan"