Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Penulisan Surat yang Baik

Menulis surat terkadang menjadi susah-susah gampang, sulit karena kita tidak terbiasa menulis surat yang baik sesuai kaedah, dan akan menjadi mudah jika kita sudah sering menulis surat dan paham tata cara menulis surat yang baik. Silahkan melihat kumpulan aneka surat jika membutuhkan referensi tentang berbagai jenis surat.

Berikut ini akan sedikit diulas beberapa syarat penulisan surat yang baik, diantaranya sebagai berikut:
  • Gaya Bahasa yang Tepat
Gaya bahasa akan berpengaruh terhadap makna isi surat. Sudah pasti antara satu surat dengan surat lainnya akan berbeda pula gaya bahasanya sesuai dengan inti surat. Surat permintaan pasti berbeda gaya bahasanya dengan surat penagihan, surat penawaran juga akan sangat berbeda dengan surat penjualan. Hendaknya dalam penulisan kalimat didalam surat tidak meninggalkan sopan santun dalam berbahasa agar memperoleh tanggapan positif dari pembaca surat.

Sebaiknya dalam menulis surat sebisa mungkin menghindari hal-hal berikut:
  • Hindari kata-kata atau kalimat yang majemuk
  • Perhatikan aturan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Selalu menggunakan bahasa yang sopan dalam penulisan surat
    penulisan surat yang baik
    surat
  • Gunakan Kalimat yang Sederhana
Kalimat merupakan gabungan kata yang tersusun secara teratur, membentuk suatu pengertian sendiri. Menyusun kalimat surat tidaklah mudah. Susunan dan bentuk yang rapi, teratur, masih harus dilengkapi dengan tutur bahasa yang sepadan. Kalimat paling sesuai adalah kalimat singkat, padat, jelas, dan sesuai dengan tata bahasa yang benar.
  • Perhatikan Isi Surat
Isi surat hendaknya disusun berkaitan dengan keseluruhan isi surat. Pokok masalah yang akan dituangkan diatas secarik kertas hendaknya direncanakan terlebih dahulu sebelum memulai menulis surat. Lalu rangkailah dalam susunan kalimat yang berisi kata-kata yang tepat.

  • Kejelasan Makna
Kejelasan makna mutlak diperlukan agar tidak terjadi multi tafsir bagi pembaca surat, untuk itu dapat dipertimbangkan hal berikut:
  1. Hindari pemakaian kata yang tidak lazim, berbelit-belit, dan kalimat yang panjang.
  2. Pemilihan kata yang tepat, susunan kalimat sederhana, ungkapan yang wajar, alinea yang teratur, ketiklah surat dengan rapi, jelas dan benar.
  3. Penggunaan ejaan dan tanda baca yang tepat dan penggunaan singkatan hanya yang bersifat umum saja.
  • Pengaturan Alinea
Alinea merupakan kumpulan kalimat yang mengemukakan suatu kesatuan pikiran untuk membentuk gagasan yang jelas. Kesempurnaan alinea terbentuk dari himpunan kalimat yang mengemukakan sesuatu yang lebih jelas, lebih terang, terutama berkaitan dengan tema yang akan disampaikan dalam surat. Oleh karena itu, dalam satu alinea hanya ada satu pokok persoalan, jangan lebih. Kalimat satu dengan lainnya harus saling berkaitan dalam membentuk gagasan tertentu. Kalimat yang lain merupakan kalimat penjelas, karena fungsinya sebagai pengembang alinea tersebu.

Penulisan surat akan semakin baik jika dalam penulisannya memperhatikan Bentuk-Bentuk Surat.

Posting Komentar untuk "Syarat Penulisan Surat yang Baik"