Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spelling Abjad Pada Penanganan Telepon

Spelling abjad atau pelafalan kata merupakan lanjutan dari keterampilan mendengar. Pelafalan kata yang benar dimaksudkan agar tidak terjadi salah dalam pengucapan ketika menangani telepon. Pengucapan kata yang salah tentu akan menghasilkan makna yang berbeda pula.

Pada saat melakukan percakapan di telepon sering kali terdapat kata-kata yang tidak dapat dimengerti, hal ini dapat disebabkan karena pengucapan huruf yang tidak tepat. Pengucapan huruf yang salah pasti akan menimbulkan kerancuan pada kata yang diucapkan sehingga kalimat yang disusun pun menjadi tidak sempurna.

Pegawai administrasi kantor yang bijak seharusnya terampil dalam melafalkan kata demi kata agar tidak terjadi kesalahan pada saat pengucapan. Dalam dunia telekomunikasi internasional pelafalan kata yang baik menggunakan Alfabet Fonetik NATO.

Alfabet fonetik NATO adalah huruf fonetik atau huruf ejaan NATO yang banyak dipakai dalam dunia radio-telefoni secara internasional (seperti halnya, ORARI di Indonesia). Huruf pengeja ini dipergunakan untuk komunikasi suara baik lewat radiomaupun telepon oleh semua bangsa di dunia untuk menghindari salah ejaan dalam mendikte suatu suku-kata (terutama jika kata itu bermakna kritis dan sangat penting).

alfabet fonetik NATO

Berikut daftar Alfabet Fonetik Nato

A = Alpha
H = Hotel 
O = Oscar 
V = Victor
B = Bravo/Beta 
I = India 
P = Papa 
W = Whiskey
C = Charlie 
J = Juliet 
Q = Quebec 
X = X-Ray
D = Delta 
K = Kilo 
R = Romeo 
Y = Yankee
E = Echo 
L = London 
S = Sierra 
Z = Zulu/Zero
F = Foxtrot/Fanta 
M = Mike/Mama 
T = Tango
G = Golf 
N = November 
U = Uniform

1 komentar untuk "Spelling Abjad Pada Penanganan Telepon"