Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumus Untuk Membuat Raport Kurikulum 2013

Pada kurikulum 2013 raport yang digunakan tidak lagi berupa raport berbentuk buku dengan tulisan wali kelas. Namun memakai raport yang sudah dicetak menggunakan printer. Hal ini pada akhirnya justru memudahkan wali kelas dalam menulis hasil belajar anak didiknya. Seperti diketahui jika menggunakan program komputer maka hasil pekerjaan manual akan menjadi berkali lipat lebih cepat.

Namun tentu saja bila wali kelas tersebut memahami cara menggunakan program tersebut. Lain halnya jika wali kelas tidak bisa mengoperasikan komputer maka tentu saja akan merepotkan, bukan hanya dalam pengisian raport, tapi juga dalam proses belajar pun penggunaan komputer sudah tidak bisa diabaikan lagi.

Dalam penulisan raport Kurikulum 2013, wali kelas biasanya sudah diberikan program Excel dari sekolah untuk diisi dan wali kelas dengan mudah tinggal mencetaknya menggunakan printer. Tetapi ada pula wali kelas yang memang sudah mahir menggunakan excel lalu membuat programnya sendiri. 

ilustrasi
Bagi Bapak/Ibu yang sudah biasa berkutat dengan pengolah angka tersebut, namun belum memiliki program mencetak raport kurikulum 2013, maka berikut ini beberapa rumus yang biasa digunakan untuk membuat raport kurikulum 2013. Rumus yang ditampilkan ini ternyata adalah rumus-rumus yang sederhana, dan pasti Bapak/Ibu bisa menggunakannya.

Berikut Rumus untuk membuat raport kurikulum 2013

1. Hyperlink untuk data (=)
2. Hyperlink untuk gambar
3. Average (fungsi rata-rata)
4. SUM (fungsi menjumlahkan)
5. IF 
6. IF Bercabang 
7. CONCATENATE (berfungsi menggabungkan kata secara otomatis)

Ketujuh rumus diataslah yang sering digunakan untuk membuat raport kurikulum 2013 di excel. Rumus tersebut dapat Bapak/Ibu coba sendiri dan diterapkan dalam pembuatan program pencetak raport disekolah Bapak/Ibu.

Aplikasi tersebut dapat Bapak/Ibu lihat dan download pada artikel Download Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Bisnis Manajemen

2 komentar untuk "Rumus Untuk Membuat Raport Kurikulum 2013"