Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Lipatan Surat


Pada saat membuat sepucuk surat, mungkin sebagian kita terbiasa melipat surat dengan berbagai macam gaya, seringnya kita melipat berbagai surat tersebut sekenanya saja mengikuti jenis amplop dan menurut  selera si pembuat surat.  Padahal sebenarnya lipatan-lipatan surat juga memiliki nama, mungkin juga lipatan surat yang akan kita bahas sudah pernah kamu praktekkan namun belum tahu namanya. Maklum saja, hal seperti ini hanya dipelajari pada Jurusan Adm. Perkantoran di SMK.

Bagi siswa/i SMK AP lipatan surat ini sudah sangat lumrah dipelajari, namun begitupun ibarat mata pisau yang sudah tumpul jika diasah maka akan tajam kembali, inilah kiranya maksud tulisan ini, untuk mengingatkan kembali bahwa lipatan surat sebenarnya memiliki nama panggilan.

Kalau belum memiliki kumpulan surat dapat merujuk ke berbagai macam aneka surat.

Berikut adalah Jenis-jenis Lipatan Surat yang sudah lumrah di pelajari.

1. Lipatan Tunggal
Lipatan ini memiliki nama lain lipatan manunggal, atau single fold dalam bahasa inggris. Lipatan ini cukup membagi kertas menjadi dua lalu melipatnya. Kiranya lipatan ini lebih cocok untuk dimasukan kedalam amplop berukuran besar.

2. Lipatan Ganda Sejajar 
Lipatan ganda pararel, atau pararel double fold adalah nama lain dari jenis lipatan ini, lipatan ini sering kita gunakan dalam pembuatan surat menyurat kita sehari-hari. Lipatan surat ini dilakukan dengan membagi surat menjadi dua bagian (seperti pada lipatan tunggal) kemudian dilipat lagi menjadi dua dengan sisi yang sama.

3.Lipatan Baku
Dalam bahasa inggris biasa disebut standart fold, lipatan ini membagi kertas menjadi tiga bagian, kemudian bagian bawah kertas dilipat ke atas, sedang bagian atas dilipat ke bawah. 

4. Lipatan Akordion
Jika pernah melihat alat musik akordion, pastinya kalian akan langsung tahu bentuk lipatan surat ini. Dengan nama lain accordion fold, sebenarnya lipatan ini seperti lipatan ganda sejajar tapi bagian atas lipatannya dibalik ke belakang. 

5. Lipatan Akordion Rendah
Nama lain jenis lipatan ini adalah lipatan setengah akordion, atau semi accordion fold. Jenis lipatan ini, seperti kakak kandungnya diatas, yang membedakannya adalah, salah satu hujung suratnya (biasanya dibagian bawah) lebih pendek dari yang lainnya.

6.Lipatan Baku Rendah
Semi standart fold, atau lipatan setengah baku, merupakan adik dari jenis lipatan baku, yang menjadi pembeda dari lipatan baku adalah, salah satu sisinya (biasanya bagian bawah) lebih pendek dari yang lainnya.

7. Lipatan Model Baron
Baronial Fold, dalam bahasa inggris. Jenis lipatan ini diawalai dengan lipatan tunggal, lalu kedua sisi samping surat dilipat lagi ke dalam.

8. Lipatan Model Prancis
French Fold dalam bahasa inggris. Lipatan ini merujuk pada negara pusat model dunia, cara melipatnya demulai dengan lipatan tunggal kemudian dilipat dua lagi ke samping.

berikut gambar ke delapan jenis-jenis lipatan surat tersebut.

Itulah jenis-jenis lipatan surat, seperti yang sudah dijelaskan ternyata ada beberapa jenis lipatan yang sering kita buat namun tidak tahu namanya. Ibarat pepatah "tak kenal maka tak sayang", maka dari itu kita kenalah, nah... kalau kita sudah kenal, tentunya jadi paham dan paling tidak (kalau belum cinta dengan surat menyurat) jadi tahu jenis lipatan surat.

Jangan lupa baca: Bentuk-Bentuk Amplop
-------------------------
Mail Handling by A.D.B

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis Lipatan Surat"