Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KUMPULAN SOAL UKK ADMINISTRASI PERKANTORAN


Assalamualaikum Wr. Wb.

Mengawali Tahun 2014 ini, dan bersamaan dengan awal masuk sekolah setelah libur semester, tidak ada salahnya (dan sudah seharusnya) kita mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Kompetensi Kejuruan.
Ya benar... UKK sebentar lagi akan menghadang, khususnya bagi siswa/i SMK yang duduk pada kelas XII.

Berikut akan saya berikan berbagai soal UKK pada program studi Administrasi Perkantoran. Soal-soal UKK ini merupakan kumpulan dari soal UKK selama beberapa tahun belakangan ini. Semoga Teman-teman yang membutuhkan dapat mempelajari/mengajarkan dengan baik. Semoga dengan persiapan yang baik ujian UKK pada tahun ini akan mudah kita kerjakan dengan benar.

Seperti diketahui bersama ada beberapa kompetensi yang harus dikuasai anak agar dapat lulus pada UKK, kompetensi tersebut adalah:
soal UKK AP
soal ukk

1. Mengetik kecepatan.
 Mengetik kecepatan menuntut pengetikan menggunakan Blind System (sistem sepuluh jari), bukan sebelas jari seperti sering terlihat sekarang. Selain itu dibutuhkan ketelitian pada saat mengetiknya agar tidak ada kesalahan pada saat mengetik. Waktu yang diberikan pun terbatas hanya sekitar 15 menit.

2. Membuat Surat
Membuat surat menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa inggris, jadi bagi yang belum menguasai bahasa inggris segera dilatih kemampuan bahasa inggrisnya paling tidak bisa membaca dan menulis dalam bahasa inggris.


3. Menangani Telepon
Kecakapan yang harus dikuasai adalah teknik dasar dalam berbicara, greeting, cloosing, smile voice. Bagi anda yang sering berbicara dengan bahasa yang tidak formal, mulailah rubah dan sering-seringlah berbicara dengan bahasa formal


4. Menangani Surat/Arsip
Salah satu inti dasar dari Adm. Perkantoran adalah menangani surat, dan mengarsipkannya, kuasailah cara pengisian buku agenda, tata cara mengindeks, menstemple, dan mengarsip dengan berbagai sistem kearsipan yang sudah diajarkakn. Antara lain sistem abjad, nomor, tanggal, wilayah, dan sistem masalah. Seringnya soal akan menggunakan sistem masalah, namun bukan berarti sistem yang lain akan ditinggalkan, harus tetap dipelajari, bukankah menjaga itu lebih baik dari mengobati bukan.


5. Mengelola Dana Kas kecil
Untuk kompetensi ini latihkan pembuatan format dana kas kecil langsung ke dalam program excel, pasti sudah sering dilatihkan disekolah kamu tentunya. Jangan lupa bukti-buktinya disimpan rapi ya.


6. Membuat Hasil Pertemuan Rapat
 Membuat sebuah notula yang baik sangat memerlukan perhatian khusus dalam membuat kesimpulan hasil rapat, juga mengetiknya dengan baik menggunakan program pengolah kata (word, writer, dll), usahakan notula tersebut menggambarkan kejadian sesungguhnya ketika notula dibaca orang lain. Notula yang akan kalian buat disini adalah notula resume ya, bukan notula harfiah.

7. Membuat Agenda Kerja Pimpinan
Mengetiknya menggunakan program pengolah kata dan buat agenda tersebut menjadi rapi agar lebih mudah bagi pimpinan untuk melihatnya.


8. Membuat Presentase
Power point atau program sejenisnya dibutuhkan dalam pembuatan presentase, kemampuan mengolah kata dan gambar sangat di perlukan, bagi yang sudah sering tampil kedepan menggunakan power point ataupun program lainnya, tentu sudah sangat akrab dengan tugas ini.


Nah untuk lebih jelasnya silahkan download saja soal-soal UKK Adm. Perkantoran berikut ini.

1. Soal UKK Administrasi Perkantoran T.P. 2008-2009 unduh

2. Soal UKK Administrasi PerkantoranT.P. 2009-2010 unduh

3. Soal UKK Administrasi Perkantoran T.P. 2010-2011 unduh

4. Soal UKK Administrasi PerkantoranT.P. 2011-2012 unduh

5. Soal UKK Administrasi PerkantoranT.P. 2012-2013 unduh

6. Soal UKK Administrasi PerkantoranT.P. 2013-2014 unduh 

Soal LKS Nasional TP 2014 di palembang

7. Soal UKK Administrasi Perkantoran T.P. 2014-2015 unduh

8. Soal UKK Administrasi Perkantoran T.P. 2015-2016 unduh

9. Soal UKK Administrasi Perkantoran T.P. 2016-2017 unduh

SOAL LKS SMK XXV TAHUN 2017 ADMINISTRASI PERKANTORAN unduh
10. Soal UKK Administrasi Perkantoran T.P. 2017-2018 unduh

12. SOAL UKK SMK ADMINISTRASI PERKANTORAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 unduh

13. SOAL UKK SMK ADMINISTRASI PERKANTORAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020  unduh 

Kalau sudah di unduh jangan lupa segera di latihkan, agar kamu lebih siap dalam menghadapi UKK kali ini, Sekedar tips bagi kalian. Latihkanlah tugas-tugas yang belum kamu kuasai 100 % sesering mungkin sampai benar-benar kamu kuasai. Karena pasti ada beberapa tugas yang memang sudah menjadi keahlian kamu.

Lihat Juga seluruh Soal UKK SMK Tahun Pelajaran 2014/2015

Mudah-mudahan bermanfaat...

4 komentar untuk "KUMPULAN SOAL UKK ADMINISTRASI PERKANTORAN"

  1. maaf, bisa minta bantu soal UKK administrasi perkantoran tahun 2015/2016 soalnya tdk bisa di buka

    BalasHapus
  2. sangat membantu pak.terima kasih

    BalasHapus